FGD Dompu, Gelar Pembinaan Statistik Sektoral Menuju Dompu Satu Data Melalui Aktualisasi Ruang Kolaborasi

Kategori Berita


.

FGD Dompu, Gelar Pembinaan Statistik Sektoral Menuju Dompu Satu Data Melalui Aktualisasi Ruang Kolaborasi

9 Jun 2024
Ketua Forum Discussion (FGD) Pembinaan Statistik Sektoral Kabupaten Dompu NTB 


Dompu_NTB, Bidikinfonews.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Dompu melaksanakan kegiatan Fokus Grup Discussion (FGD) Pembinaan Statistik Sektoral Menuju Dompu Satu Data melalui Aktualisasi Ruang Kolaborasi. 


Acara yang diagendakan dibuka secara resmi Sekda Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra, SKM., M.MKes, Kamis (06/06/24) di Ruang Rapat Bupati Dompu. 



Baca Juga :



Hadir di acara ini Staf Ahli Bupati, Miftahul Sua'dah, ST, Asisten Pemerintahan dan Kesra, H. Burhan, SH., Kepala Bappeda dan Litbang, Drs. H. Gaziamansyuri, M.AP, Pimpinan Perangkat Daerah, Kepala BPS bersama jajaran dan elemen penting lainnya. 


Sekda Dompu, Gatot Gunawan PP, SKM., M.MKes, dalam arahannya menyebut kebijakan satu data penting dilakukan. 


Menurutnya satu data penting dan perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan perencanaan pembangunan. 

Foto Suasana Kegiatan Forum Discussion (FGD) Pembinaan Statistik Sektoral 

"Data-data penting dan dibutuhkan dalam perencanaan dimaksud harus ditampilkan dalam Website resmi pemerintah", katanya. 


Ditambahkannya penampilan data-data penting tersebut dihajatkan memberikan kemudahan bagi berbagai pihak yang membutuhkan mengaksesnya.


Berikutnya Sekda menegaskan penyediaan atau penyajian data dapat memenuhi kebutuhan data oleh masyarakat. 


"Data-data yang disajikan di Website tentunya untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat", tegasnya.



Pasang iklan Disini:



Sekda Gatot Gunawan lalu mengingatkan dari data yang disajikan masyarakat atau pengguna data akan dapat mengetahui berbagai keberhasilan atau pencapaian yang diraih pemerintah.


"Keberhasilan pemerintah di berbagai bidang pembangunan akan dapat diketahui masyarakat dari data-data yang disajikan. Untuk itu penyajian data secara akurat penting dilakukan", sebutnya mengingatkan.


Dalam kesempatan yang sama Kepala BPS, Akhwan Hadi, S.ST, M.AK, menyebut pentingnya satu data Statistik yang dapat diakses berbagai oleh pihak yang membutuhkannya.


"Agar bisa diakses hendaknya data penting yang dibutuhkan dalam berbagai kegiatan pembangunan disiapkan dalam satu portal data sehingga bisa diakses secara nasional, regional maupun di tingkat lokal", katanya.


Berikutnya Akhwan Hadi menjelaskan pembinaan yang dilakukan memudahkan Perangkat Daerah Se Kabupaten Dompu dalam menyiapkan data yang berkualitas sesuai yang dibutuhkan.


"Pembinaan yang dilakukan ini tentunya memudahkan kita semuanya untuk menyiapkan data berkualitas sebagaimana yang diharapkan", ujarnya memberi alasan.


Pembinaan berjalan lancar, aman dan tertib dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Sekda Dompu, Gatot Gubawan Perantauan Putra, SKM., M.MKes, Kepala Bappeda dan Litbang, Drs. H. Gaziamansyuri, M.AP dan Kepala BPS, Akhwan Hadi, S.ST., M.AK. (Bl/Prokopim).